Jumat, 28 September 2012


Aplikasi Grafik Komputer, Pengolahan Citra Dan Dalam Kehidupan Sehari-Hari.

Grafik komputer adalah salah satu cabang disiplin ilmu informatika yang mempelajari pembuatan gambar dengan menggunakan komputer. Sedangkan Pengolahan citra adalah salah satu cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu.

         Di kehidupan sehari-hari sering kita temui suatu aplikasi-aplikasi yang secara tidak sadar anda tidak tahu itu melalui sebuah proses pengolahan grafik komputer dan pengolahan citra,berikut saya akan berikan beberapa bentuk pemanfaatan grafik komputer dan pengolahan citra dalam kehidupan sehari-hari :

       -   Bidang Kedokteran
Salah satu pemanfaatan di bidang kedokteran yang paling terkenal tentang pemanfaatan grafik komputer dan pengolahan citra adalah foto Rontgen, ide brilian dari seorang Wilhelm Conrad rontgen yang menemukan sinar rontgen sangat membantu pekerjaan seorang dokter dalam mengdiagnosa penyakit,dengan semakin berkembangnya teknologi,rontgen pun semakin berkembang menjadi lebih modern.



contoh gambar Rontgen


 -   Bidang Multimedia dan Hiburan
Di bidang ini sungguh banyak sekali pemanfaatannya,diantaranya sudah banyak designer-designer yang memanfaatkan suatu software seperti Photoshop,Corel,ilustrator dll dimana software-software tersebut merupakan suatu bentuk aplikasi pengolahan citra yang memanfaatkan grafik komputer,sedangkan di bidang hiburan salah satunya adalah pembuatan animasi pada suatu film/media lainnya sehingga terlihat menarik.




contoh karya animasi dalam sebuah film


  -    Bidang Pendidikan
Pemanfaatan Grafik komputer di dalam pendidikan biasanya digunakan dalam presentasi,siswa dapat melihat objek-objek secara real/nyata sehingga siswa dapat mudah menerima ilmu yang diberikan



contoh sebuah presentasi


 -   Bidang Perancangan dan Tata bangun
Pada bidang ini,terutama dalam bidang arsitektur sering digunakan sebuah software pengolahan gambar,tata letak/tata ruang sehingga dapat memudahkan kita dalam membangun suatu proyek tata bangun dan dapat memperkecil adanya kesalahan.



contoh sketsa 3D sebuah apartemen

-          video game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface (antarmuka pengguna) untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi ini banyak beredar dipasaran, mulai dari yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit (3 dimensi) yang memerlukan resource banyak, seperti game sepak bola Winning Eleven. Dari yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices. Video game umumnya menyediakan sistem penghargaan, skor yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada dalam permainan.

-          Computer vision
Computer vision adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin-mesin yang dapat melihat. Sebagai disiplin ilmu, computer vision berkaitan dengan teori untuk membangun sistem buatan yang dapat menarik informasi dari citra-citra. Informasi tersebut kemudian dapat digunakan sebagai input dalam mengambil keputusan atau tindakan. Data citra yang diambil dapat berupa video, citra dari berbagai kamera, dan sebagainya.

-      Bidang visual, bisa digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain


CONTOH GAMBAR YANG DI AMBIL OLEH SATELITE
Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , mempecepat pekerjaan –pekerjaan manusia diantaranya adalah :

1.    Bidang Pendidikan Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah. Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah.

2.    Bidang Kesehatan Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.

3.    Bidang Transportasi Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer. Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.

4.    Bidang Jasa Pengiriman Barang Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.

5.    Bidang industri Otomotif Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.

6.    Bidang Jasa Konstruksi Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.

7.    Bidang Jasa Percetakan Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.

8.    Bidang Industri Perfilman Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.

9.    Bidang Industri Rekaman Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.

10. Bidang Pertahanan dan Keamanan Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak , Amerika menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan Informasi modern sehingga bisa mengalahkan lawan-lawanya.

11. Bidang Olah Raga Pertandingan sepak bola piala dunia di tayangkan oleh satelite yang di hubungkan dengan pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan ke seluruh satelit pemancar TV di belahan bumi, sehingga acara olah raga sedunia itu bisa dinikmati oleh semua orang.

12. Pabrik Sepatu Proses pembuatan sol sepatu dalam berbagai ukuran dan detail bentuknya dikerjakan dengan cara dan system komputer. Pertama-tama model dikerjakan dengan progam CADCAM untuk mendaesain sol sepatu dari berbagai ukuran kemudian di cetak dan di jadikan Mall cetakan untuk proses selanjutnya dengan penambahan bahan dari kulit dan kemudian dijahit dan diberi stiker atau logo yang dikerjakan dengan komputer Dan lain-lain, manusia makin tergantung pada teknologi, bisa dibayangkan bila GAPTEK atau gagap teknologi, setidaknya tahu bagaimana menggunakan komputer untuk mempermudah keperluan hidup,sebagai apresiasi penghargaan terhadap para Genius man yang membuat komputer itu sendiri.

Sumber :

Tugas Kelompok 8 :
Okvi Andhika Putri                  :                  35111457
Pratiwi Nur Utami                    :                  35111563
Wita Dalfi                                :                  37111458