Aplikasi Grafik
Komputer, Pengolahan Citra Dan Dalam Kehidupan Sehari-Hari.
Grafik komputer adalah salah satu cabang disiplin ilmu
informatika yang mempelajari pembuatan gambar dengan menggunakan komputer.
Sedangkan Pengolahan citra adalah salah satu cabang dari ilmu informatika.
Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu
citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu.
Di
kehidupan sehari-hari sering kita temui suatu aplikasi-aplikasi yang secara
tidak sadar anda tidak tahu itu melalui sebuah proses pengolahan grafik
komputer dan pengolahan citra,berikut saya akan berikan beberapa bentuk
pemanfaatan grafik komputer dan pengolahan citra dalam kehidupan sehari-hari :
- Bidang Kedokteran
Salah satu pemanfaatan di bidang kedokteran yang paling
terkenal tentang pemanfaatan grafik komputer dan pengolahan citra adalah foto
Rontgen, ide brilian dari seorang Wilhelm Conrad rontgen yang menemukan sinar
rontgen sangat membantu pekerjaan seorang dokter dalam mengdiagnosa
penyakit,dengan semakin berkembangnya teknologi,rontgen pun semakin berkembang
menjadi lebih modern.
contoh gambar Rontgen
- Bidang Multimedia dan Hiburan
Di bidang ini sungguh banyak sekali
pemanfaatannya,diantaranya sudah banyak designer-designer yang memanfaatkan
suatu software seperti Photoshop,Corel,ilustrator dll dimana software-software
tersebut merupakan suatu bentuk aplikasi pengolahan citra yang memanfaatkan
grafik komputer,sedangkan di bidang hiburan salah satunya adalah pembuatan
animasi pada suatu film/media lainnya sehingga terlihat menarik.
contoh karya animasi dalam sebuah film
- Bidang Pendidikan
Pemanfaatan Grafik komputer di dalam pendidikan biasanya
digunakan dalam presentasi,siswa dapat melihat objek-objek secara real/nyata
sehingga siswa dapat mudah menerima ilmu yang diberikan
contoh sebuah presentasi
- Bidang Perancangan dan Tata bangun
Pada bidang ini,terutama dalam bidang arsitektur sering
digunakan sebuah software pengolahan gambar,tata letak/tata ruang sehingga
dapat memudahkan kita dalam membangun suatu proyek tata bangun dan dapat
memperkecil adanya kesalahan.
contoh sketsa 3D sebuah apartemen
- video
game
Video
game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface
(antarmuka pengguna) untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada
perangkat video. Aplikasi ini banyak beredar dipasaran, mulai dari yang
sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit (3 dimensi) yang
memerlukan resource banyak, seperti game sepak bola Winning Eleven. Dari yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga
mobile devices. Video game umumnya menyediakan sistem penghargaan, skor yang
dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan
tugas-tugas yang ada dalam permainan.
- Computer
vision
Computer
vision adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin-mesin yang dapat
melihat. Sebagai disiplin ilmu, computer vision berkaitan dengan teori untuk
membangun sistem buatan yang dapat menarik informasi dari citra-citra.
Informasi tersebut kemudian dapat digunakan sebagai input dalam mengambil
keputusan atau tindakan. Data citra yang diambil dapat berupa video, citra dari
berbagai kamera, dan sebagainya.
- Bidang visual, bisa digunakan untuk
pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain
CONTOH GAMBAR YANG DI AMBIL OLEH SATELITE
Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari
sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , mempecepat pekerjaan
–pekerjaan manusia diantaranya adalah :
1. Bidang
Pendidikan Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi
sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat
daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat
perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru
sekolah. Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan
jaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga
akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap
sekolah.
2. Bidang
Kesehatan Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien
monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa
organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum
Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan
teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti
Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang
digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.
3. Bidang
Transportasi Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang
transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk
menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan
setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan
pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer. Dengan komputer, narigasi
kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga
penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat
menggunakan komputer.
4. Bidang Jasa
Pengiriman Barang Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang
lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi
menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam
sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian
cepatnya.
5. Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik
dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan
bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah
ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga
manusia.
6. Bidang Jasa
Konstruksi Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar
konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat.
Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan
analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III
yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
7. Bidang Jasa
Percetakan Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan
mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa
mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan
exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual
oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu
berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date
lagi.
8. Bidang Industri
Perfilman Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan
adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan
komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat
dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC
itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah
dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
9. Bidang Industri
Rekaman Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam
dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di
bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu
bantuan pogram komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga
bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.
10. Bidang Pertahanan dan
Keamanan Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan
satelit yang dikendalikan dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan
dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak , Amerika
menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan
Informasi modern sehingga bisa mengalahkan lawan-lawanya.
11. Bidang Olah Raga Pertandingan
sepak bola piala dunia di tayangkan oleh satelite yang di hubungkan dengan
pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan ke seluruh satelit pemancar TV di
belahan bumi, sehingga acara olah raga sedunia itu bisa dinikmati oleh semua
orang.
12. Pabrik
Sepatu Proses pembuatan sol sepatu dalam berbagai ukuran dan detail
bentuknya dikerjakan dengan cara dan system komputer. Pertama-tama model
dikerjakan dengan progam CADCAM untuk mendaesain sol sepatu dari berbagai
ukuran kemudian di cetak dan di jadikan Mall cetakan untuk proses selanjutnya
dengan penambahan bahan dari kulit dan kemudian dijahit dan diberi stiker atau
logo yang dikerjakan dengan komputer Dan lain-lain, manusia makin tergantung
pada teknologi, bisa dibayangkan bila GAPTEK atau gagap teknologi, setidaknya
tahu bagaimana menggunakan komputer untuk mempermudah keperluan hidup,sebagai
apresiasi penghargaan terhadap para Genius man yang membuat komputer itu
sendiri.
Sumber :
Tugas Kelompok 8 :
Okvi Andhika Putri : 35111457
Pratiwi Nur Utami : 35111563
Wita Dalfi : 37111458