PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Sistem informasi keseluruhan tidak hanya terdapat dalam Sistem informasi manajemen, karena tidak semua informasi di dalam organisasi dapat dimasukkan secara lengkap ke dalam sebuah sistem yang otomatis. Aspek utama dari sistem informasi akan selalu ada di luar sistem komputer.
Di dalam usaha Pengembangan Sistem informasi manajemen yang canggih dengan berbasis komputer memerlukan orang-orang yang mempunyai ketrampilan tinggi dan berpengalaman lama dan memerlukan partisipasi dari para manajer organisasi. Karena banyak organisasi yang gagal membangun Sistem informasi manajemen disebabkan karena :
Pertama, Kurangnya organisasi yang wajar
Kedua, Kurangnya perencanaan yang memadai
Ketiga, Kurangnya personil yang handal
Keempat, Kurangnya partisipasi manajemen dalam bentuk keikutsertaan para manajer dalam merancang sistem, mengendalikan upaya pengembangan sistem dan memotivasi seluruh personil yang terlibat.
Sistem informasi manajemen yang baik adalah Sistem informasi manajemen yang mampu menyeimbangkan biaya dan manfaat yang akan diperoleh artinya SIM akan menghemat biaya, meningkatkan pendapatan serta tak terukur yang muncul dari informasi yang sangat bermanfaat.
Organisasi harus menyadari apabila mereka cukup realistis dalam keinginan mereka, cermat dalam merancang dan menerapkan SIM agar sesuai keinginan serta wajar dalam menentukan batas biaya dari titik manfaat yang akan diperoleh, maka SIM yang dihasilkan akan memberikan keuntungan dan uang.
Di dalam sebuah Sistem informasi manajemen komputer bukan prasyarat mutlak secara teoritis, namun dalam praktek Sistem informasi manajemenyang baik tidak akan ada tanpa bantuan kemampuan pemrosesan komputer. Prinsip utama perancangan Sistem informasi manajemen: Sistem informasi manajemenharus dijalin secara teliti agar mampu melayani tugas utama.
Sistem informasi manajemen bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam subunit organisasional perusahaan. Sistem informasi manajemenmenyediakan informasi bagi pemakai dalam bentuk laporan dan output dari berbagai simulasi model matematika.
A.PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Sistem informasi Manajemen yaitu serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.
Sistem informasi manajemen merupakan suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama. Para pemakai biasanya membentuk suatu entitas organisasi formal, perusahaan atau sub unit dibawahnya. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang terjadi di masa lalu, apa yang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan ouput dari model matematika. Output informasi digunakan oleh manajer maupun non manajer dalam perusahaan saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
Sistem informasi manajemen di dalam perancangan, penerapan dan pengoperasiannya sangat mahal dan sulit. Upaya ini dan biaya yang diperlukan harus ditimbang-timbang. Ada beberapa faktor yang membuat SIM menjadi semakin diperlukan, antara lain bahwa manajer harus berhadapan dengan lingkungan bisnis yang semakin rumit. Salah satu alasan dari kerumitan ini adalah semakin meningkatnya dengan muncunya peraturan dari pemerintah.
Situasi lingkungan bisnis bukan hanya rumit tetapi juga dinamis. Oleh sebab itu manajer harus membuat keputusan dengan cepat terutama dengan munculnya masalah manajemen dengan munculnya pemecahan yang memadai.
Kegiatan utama dari Semua sistem informasi, yaitu menerima data sebagai masukan (input), kemudian memprosesnya dengan melakukan penghitungan, penggabungan unsur data, pemutakhiran dan lain-lain, akhirnya memperoleh informasi sebagai keluarannya (output).
DATA : fakta-fakta atau sesuatu yang dianggap (belum mempunyai arti)
INFORMASI : data yang telah diproses atau data yang memiliki arti.
Perubahan data menjadi informasi dilakukan oleh pengolah informasi. Pengolah informasi dapat meliputi elemen-elemen komputer, non-komputer atau kombinasi keduanya.
E-life merupakan Perkembangan Teknologi kehidupan, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e seperti E-Commerce, E-Government, E-Education, E-Library, E-Journal, E-Medicine, E-Laboratory, E-Biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
Untuk meningkatkan pelayanan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan menjadi faktor penting sekaligus penghematan bagi Pendidikan dan kini telah menjadi salah satu standar mutu sebuah Pendidikan. Otomatisasi/komputerisasi sistem pelayanan dan sistem informasi manajemen merupakan solusi yang tepat untuk memecahkan masalah ini. Banyak lembaga Pendidikan dan Pendidikan telah mendapat manfaat dari peralatan canggih ini.
Perkembangan Pendidikan di Indonesia yang maju sekarang ini, baik dari aspek administratif atau teknologi, maka proses pelayanan Pendidikan di Indonesia dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Untuk mengembangkan mutu Pendidikan dibutuhkan beberapa fasilitas pendukung, dimana salah satu fasilitas pendukung tersebut adalah aplikasi teknologi informasi dalam bidang sistem informasi manajemen Pendidikan.
SUMBER : http://perpustakaan-online.blogspot.com/2008/05/sistem-informasi-manajemen.html
Rabu, 17 Oktober 2012
Jumat, 28 September 2012
Aplikasi Grafik
Komputer, Pengolahan Citra Dan Dalam Kehidupan Sehari-Hari.
Grafik komputer adalah salah satu cabang disiplin ilmu
informatika yang mempelajari pembuatan gambar dengan menggunakan komputer.
Sedangkan Pengolahan citra adalah salah satu cabang dari ilmu informatika.
Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu
citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu.
Di
kehidupan sehari-hari sering kita temui suatu aplikasi-aplikasi yang secara
tidak sadar anda tidak tahu itu melalui sebuah proses pengolahan grafik
komputer dan pengolahan citra,berikut saya akan berikan beberapa bentuk
pemanfaatan grafik komputer dan pengolahan citra dalam kehidupan sehari-hari :
- Bidang Kedokteran
Salah satu pemanfaatan di bidang kedokteran yang paling
terkenal tentang pemanfaatan grafik komputer dan pengolahan citra adalah foto
Rontgen, ide brilian dari seorang Wilhelm Conrad rontgen yang menemukan sinar
rontgen sangat membantu pekerjaan seorang dokter dalam mengdiagnosa
penyakit,dengan semakin berkembangnya teknologi,rontgen pun semakin berkembang
menjadi lebih modern.
contoh gambar Rontgen
- Bidang Multimedia dan Hiburan
Di bidang ini sungguh banyak sekali
pemanfaatannya,diantaranya sudah banyak designer-designer yang memanfaatkan
suatu software seperti Photoshop,Corel,ilustrator dll dimana software-software
tersebut merupakan suatu bentuk aplikasi pengolahan citra yang memanfaatkan
grafik komputer,sedangkan di bidang hiburan salah satunya adalah pembuatan
animasi pada suatu film/media lainnya sehingga terlihat menarik.
contoh karya animasi dalam sebuah film
- Bidang Pendidikan
Pemanfaatan Grafik komputer di dalam pendidikan biasanya
digunakan dalam presentasi,siswa dapat melihat objek-objek secara real/nyata
sehingga siswa dapat mudah menerima ilmu yang diberikan
contoh sebuah presentasi
- Bidang Perancangan dan Tata bangun
Pada bidang ini,terutama dalam bidang arsitektur sering
digunakan sebuah software pengolahan gambar,tata letak/tata ruang sehingga
dapat memudahkan kita dalam membangun suatu proyek tata bangun dan dapat
memperkecil adanya kesalahan.
contoh sketsa 3D sebuah apartemen
- video
game
Video
game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface
(antarmuka pengguna) untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada
perangkat video. Aplikasi ini banyak beredar dipasaran, mulai dari yang
sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit (3 dimensi) yang
memerlukan resource banyak, seperti game sepak bola Winning Eleven. Dari yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga
mobile devices. Video game umumnya menyediakan sistem penghargaan, skor yang
dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan
tugas-tugas yang ada dalam permainan.
- Computer
vision
Computer
vision adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin-mesin yang dapat
melihat. Sebagai disiplin ilmu, computer vision berkaitan dengan teori untuk
membangun sistem buatan yang dapat menarik informasi dari citra-citra.
Informasi tersebut kemudian dapat digunakan sebagai input dalam mengambil
keputusan atau tindakan. Data citra yang diambil dapat berupa video, citra dari
berbagai kamera, dan sebagainya.
- Bidang visual, bisa digunakan untuk
pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain
CONTOH GAMBAR YANG DI AMBIL OLEH SATELITE
Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari
sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , mempecepat pekerjaan
–pekerjaan manusia diantaranya adalah :
1. Bidang
Pendidikan Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi
sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat
daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat
perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru
sekolah. Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan
jaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga
akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap
sekolah.
2. Bidang
Kesehatan Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien
monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa
organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum
Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan
teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti
Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang
digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.
3. Bidang
Transportasi Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang
transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk
menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan
setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan
pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer. Dengan komputer, narigasi
kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga
penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat
menggunakan komputer.
4. Bidang Jasa
Pengiriman Barang Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang
lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi
menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam
sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian
cepatnya.
5. Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik
dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan
bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah
ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga
manusia.
6. Bidang Jasa
Konstruksi Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar
konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat.
Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan
analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III
yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
7. Bidang Jasa
Percetakan Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan
mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa
mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan
exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual
oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu
berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date
lagi.
8. Bidang Industri
Perfilman Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan
adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan
komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat
dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC
itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah
dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
9. Bidang Industri
Rekaman Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam
dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di
bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu
bantuan pogram komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga
bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.
10. Bidang Pertahanan dan
Keamanan Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan
satelit yang dikendalikan dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan
dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak , Amerika
menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan
Informasi modern sehingga bisa mengalahkan lawan-lawanya.
11. Bidang Olah Raga Pertandingan
sepak bola piala dunia di tayangkan oleh satelite yang di hubungkan dengan
pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan ke seluruh satelit pemancar TV di
belahan bumi, sehingga acara olah raga sedunia itu bisa dinikmati oleh semua
orang.
12. Pabrik
Sepatu Proses pembuatan sol sepatu dalam berbagai ukuran dan detail
bentuknya dikerjakan dengan cara dan system komputer. Pertama-tama model
dikerjakan dengan progam CADCAM untuk mendaesain sol sepatu dari berbagai
ukuran kemudian di cetak dan di jadikan Mall cetakan untuk proses selanjutnya
dengan penambahan bahan dari kulit dan kemudian dijahit dan diberi stiker atau
logo yang dikerjakan dengan komputer Dan lain-lain, manusia makin tergantung
pada teknologi, bisa dibayangkan bila GAPTEK atau gagap teknologi, setidaknya
tahu bagaimana menggunakan komputer untuk mempermudah keperluan hidup,sebagai
apresiasi penghargaan terhadap para Genius man yang membuat komputer itu
sendiri.
Sumber :
Tugas Kelompok 8 :
Okvi Andhika Putri : 35111457
Pratiwi Nur Utami : 35111563
Wita Dalfi : 37111458
Minggu, 04 Maret 2012
Sabtu, 14 Januari 2012
CINTA
Cinta adalah sekuntum bunga yang sangat menawan.
Yang membuaiku dengan peluk hangat kasih sayang.
Lembut dekapan naluri pengertian.
Ungkapkan kebaikan dan kejujuran.
Curahkan keindahan senyuman dan kesetiaan.
Rangkaian yang tenang,bijak,dan tindakan.
Terangkum dalam rajutan kisah kehidupan.
Inilah cinta dan sayangku hanya untukmu.
Jagalah selalu ketulusan cinta yang telah ku beri untukmu.
Aku yakin kamulah yang terbaik untukku.
Aku mencintaimu dari kekurangan dan kelebihanmu.
Mungkin inilah yang hal terindah saat aku mencintaimu dengan tulus.
Jangan sesekali bilang tidak mencintai apabila kita masih belum bisa melupakannya.
Cinta bisa dapat mengubah hitam menjadi putih.
Cinta bisa dapat mengubah pahit menjadi manis.
Cinta bisa mengubah debu menjadi emas.
Cinta bisa mengubah keru menjadi bening.
Cinta bisa mengubah sakit menjadi sembuh.
Cinta bisa mengubah kemarahan menjadi rahmat.
Tapi …….
Hati-hati dengan cinta, karna cinta juga bisa membuat kita sehat menjadi sakit.
Orang normal menjadi gila. Orang gemuk menjadi kurus. Orang kaya menjadi miskin.
Itu semua akan terjadi saat cintanya di sambut oleh para pecinta palsu.
Cinta adalah keabadian. Dan cinta hanya bisa dirasakan oleh hati dan perasaan.
Cinta itu tidak harus memiliki, kita harus bahagia apabila orang yang kita cintai bahagia dengan orang lain.
Cinta itu adalah anugerah yang sangat indah dari tuhan.
Jadi jangan pernah mempermainkan dan memaksa cinta.
Jumat, 13 Januari 2012
SAHABAT
saat melihat tawa dan senyum kalian mengingatkan ku..
kan saat pertama kali kita berkenalan.
aku mencoba akrab dengan kalian ..
dan akhirnya menjalin sebuah tali persahabatan...
kita selalu menjalani hari bersama-sama..
seiring jalannya waktu
kan saat pertama kali kita berkenalan.
aku mencoba akrab dengan kalian ..
dan akhirnya menjalin sebuah tali persahabatan...
kita selalu menjalani hari bersama-sama..
seiring jalannya waktu
aku paham..
bahwa aku dan kalian mempunyai kekurangan dan kelebihan..
tapi…..
bahwa aku dan kalian mempunyai kekurangan dan kelebihan..
tapi…..
bagi aku, kekurangan dan kelebihan itu akan menjadikan kelengkapan bagi persahabatan kita.
karena itu
kita selalu melengkapi satu sama lain..
kita slalu bersama layaknya sebuah keluarga..
Kalian selalu setia menemaniku..
di saat aku sedih...
kalian hibur aku dengan candamu..
di saat aku bimbang..
kalian memberiku banyak solusi..
di saat aku menangis..
kalian merubah air mataku menjadi sebuah snyuman..
kita selalu melengkapi satu sama lain..
kita slalu bersama layaknya sebuah keluarga..
Kalian selalu setia menemaniku..
di saat aku sedih...
kalian hibur aku dengan candamu..
di saat aku bimbang..
kalian memberiku banyak solusi..
di saat aku menangis..
kalian merubah air mataku menjadi sebuah snyuman..
jika aku telah tiada..
maafkanlah semua kesalahanku..
kalian adalah sosok yang sangat berarti dalam hidupku..
tawa kalian selalu membuatku bahagia.
aku sangat sayang kalian
maafkanlah semua kesalahanku..
kalian adalah sosok yang sangat berarti dalam hidupku..
tawa kalian selalu membuatku bahagia.
aku sangat sayang kalian
karena sahabat lebih mengerti arti dari setiap tetes air mata yang jatuh dari
mata kita..
terima kasih sudah menjadi sahabat aku.
mata kita..
terima kasih sudah menjadi sahabat aku.
Langganan:
Postingan (Atom)