Kamis, 29 November 2012


Sistem Informasi Manajemen dalam Sumber Daya Informasi

Pengantar sistem informasi berbasis komputer
Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer. Informasi juga bisa dikelola seperti sumber daya lain.
Perhatian sistem informasi bersumber dari dua pengaruh :
1. Bisnis semakin rumit
2. Kemampuan computer semakin membaik.
Aplikasi yang membentuk system informasi berbasis computer adalah :
-          Pengolahan Data Akuntansi.
-          Sistem Informasi Manajemen.
-          Sistem Pendukung Keputusan.
-          Sistem Berbasis Pengetahuan.
Beberapa tahun terakhir, para pemakai telah melakukan sebagian besar pekerjaan para spesialis suatu fenomena yang disebut End user Computing.
Jenis-jenis sumber daya utama manajer, mengelola lima jenis sumber daya utama :
-          Manusia
-          Material
-          Mesin
-          Uang















Sistem informasi manajemen menyajikan informasi untuk mendukung operasional dan fungsi pengambilan keputusan manajemen dengan mempertimbangkan informasi apa, untuk siapa dan kapan harus disajikan.
Sistem informasi menajemen terdiri dari beberapa subsistem yaitu :
- Sistem Informasi Akuntansi
- Sistem Informasi Personalia
- Sistem Informasi Pemasaran
- Sistem Informasi Pembelian
- Sistem Informasi Persediaan
- Sistem Informasi Distribusi
Daur Hidup Sistem
Siklus hidup system merupakan proses evolusioner yang diikuti untuk menerapkan sistem atau subsistem informasi berbasis komputer. SLC sering disebut dengan pendekatan air terjun (waterfall approach) bagi pengembangan dan penggunaan sistem.Dilakukan dengan strategi Top-Down Design.
Tahapan dari siklus hidup sistem yaitu :
1. Tahap Perencanaan
2. Tahap Analisis
3. Tahap Rancangan
4. Tahap Penerapan
5. Tahap Penggunaan
Penjelasan terhadap komponen-komponen yang masuk pada ruang lingkup CBIS, diantaranya:
Manajemen Sumber Infromasi
Bagaimana perusahan melakukan kegiatan manajemen, membangun, mengolah serta memlihara sistem. Hal pertama yang dilakukan adalah penerapan pada sumber dari sistem infromasi itu sendiri / yang dikenal dengan IRM (Information Resource Manajemen) manajemen terhadap sumber informasi, orang-orang pada bagian ini merupakan akar dari data-dta sumber yang diolah menjadi informasi yang lebih bernilai
Komputer Sebagai Alat Pemecahan Masalah
Perhatian terhadap Manajemen lnformasi.
Alasan mengapa terdapat perhatian yang besar terhadap manajemen informasi, pertama yaitu meningkatnya kompleksitas kegiatan organisasi tata kelola pemerintahan dan meningkatnya kemampuan computer, dengan tersedianya informasi yang berkualitas, tentu mendorong manajer untuk meningkatkan kemampuan organisasi yang dikelolanya. Pada masa komputer generasi pertama, komputer hanya digunakan oleh para spesialis di bidang komputer, sedangkan pengguna lainnya tidak pernah kontak langsung dengan komputer. Sekarang, hampir setiap kantor mempunyai personal computer –PC. Pemakai sistem informasi manajemen pun tahu bagaimana menggunakan komputer dan memandang komputer bukan sebagai sesuatu yang spesial lagi, tetapi sudah menjadi suatu kebutuhan seperti telepon.
Pengantar SIM
Sistem adalah suatu kerangka yang terstruktur dan sistematis yang terdiri dari sub-sub sistem yang saling terintegrasi bekerja sama untuk mencapai tujuan.
Sistem Informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan sebuah organisasi.
Sistem Informasi Manajemen adalah bagian dari system informasi, dimana secara khusus ditujukan pada kebutuhan manajemen terhadap informasi keuangan, SDM, pelanggan , pemasok dan informasi-informasi lain yang terkait dengan kegiatan bisnis untuk pengambilan keputusan bisnis perusahaan. Kualitas pengambilan keputusan Manajemen sangat dipengaruhi oleh kualitas pasokan informasi.
Pengenalan Database
Data dapat diterjemahkan kedalam aplikasi program. Kontrol akses luas dan manipulasi pada data dapat dilakukan oleh sebuah aplikasi program. Hasilnya berupa DBMS (database management system).
• Koleksi data dapat diakses secara logika yang dirancang khusus untuk informasi yang dibutuhkan sebuah perusahaan.
• Pemetaan data disediakan bebas untuk di olah satu sama lain dalam sebuah database.
• Secara logika data merupakan kesatuan, yang memiliki atribut lengkap dan saling berhubungan dari suatu organisasi perusahaan.










Sumber:

http://sagimansumarta.files.wordpress.com/2010/01/apsi.pdf
http://www.google.co.id/

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/12/manajemen-sistem-informasi-information-resource-management-dalam-organisasi-berbasis-komputer-cbis/

http://yusufsofyan.blogspot.com/2008/12/pengantar
http://lael.student.fkip.uns.ac.id/2012/06/05/sistem-informasi-manajemen/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar