Minggu, 17 Maret 2013

LEMBAGA EKSEKUTIF, LEGISLATIF DAN YUDIKATIF


LEMBAGA EKSEKUTIF, LEGISLATIF DAN YUDIKATIF
Supra Struktur
Prof. Sri Sumantri, sistem politik adalah kelembagaan dari hubungan antara supra struktur dan infra struktur politik, supra struktur sering disebut juga bangunan.
Montesquieu, membagi lembaga dalam 3 kelompok :
1. Eksekutif
Kekuasaan eksekutif berada di tangan presiden, presiden adalah pemegang kekuasaan pemerintahan negara. Presiden di bantu oleh wakil presiden dan mentri-mentri, untuk melaksanakan tugas sehari-hari.
Wewenang, kewajiban, dan hak presiden antara lain :
a. Memegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD
b. Menetapkan peraturan pemerintah
c. Mengangkat memberhentikan menteri-menteri; dll
2. Legislatif
Indonesia menganut sistem bikameral. Di tandai dengan adanya lembaga perwakilan, yaitu DPR dan DPD. Dengan merujuk asas trias politika.
Kekuasaan legislatif terletak pada MPR dan DPD.
1. MPR
Kewenangan :
a. Mengubah menetapkan UUD
b. Melantik presiden dan wakil presiden dll
c.
2. DPR
Tugas :
a. Membentuk UU
b. Membahas RAPBN bersama presiden, dll.
Fungsi :
a. Fungsi legislasi
b. Fungsi anggaran
c. Fungsi pengawasan
Hak-hak DPR
a. Hak interpelasi
b. Hak angket
c. Hak menyampaikan pendapat
d. Hak mengajukan pertanyaan
e. Hak Imunitas
f. Hak mengajukan usul RUU
3. DPD
Fungsi :
a. Mengawas atas pelaksanaan UU tertentu
b. Pengajuan usul
3. Yudikatif
Pasal 24 UUD 1945 menyebutkan tentang kekuasaan kehakiman dan memiliki tugas masing-masing. Kekuasaan kehakiman dilakukan oleh :
1. Mahkamah Agung (MA)
2. Mahkamah Konstitusi (MK)
3. Komisi Yudisial (KY)
4. Insfektif
Daftar Pustaka :

HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA INDONESIA DENGAN UUD 45


HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA INDONESIA DENGAN UUD 45
Menurut Prof. Dr. Notonagoro:
Hak adalah kuasa untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan melulu oleh pihak tertentu dan tidak dapat oleh pihak lain manapun juga yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya..
Hak dan Kewajiban merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan, akan tetapi terjadi pertentangan karena hak dan kewajiban tidak seimbang. Bahwa setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk mendapatkan penghidupan yang layak, tetapi pada kenyataannya banyak warga negara yang belum merasakan kesejahteraan dalam menjalani kehidupannya. Semua itu terjadi karena pemerintah dan para pejabat tinggi lebih banyak mendahulukan hak daripada kewajiban. Padahal menjadi seorang pejabat itu tidak cukup hanya memiliki pangkat akan tetapi mereka berkewajiban untuk memikirkan diri sendiri. Jika keadaannya seperti ini, maka tidak ada keseimbangan antara hak dan kewajiban. Jika keseimbangan itu tidak ada akan terjadi kesenjangan sosial yang berkepanjangan.
Untuk mencapai keseimbangan antara hak dan kewajiban, yaitu dengan cara mengetahui posisi diri kita sendiri. Sebagai seorang warga negara harus tahu hak dan kewajibannya. Seorang pejabat atau pemerintah pun harus tahu akan hak dan kewajibannya. Seperti yang sudah tercantum dalam hukum dan aturan-aturan yang berlaku. Jika hak dan kewajiban seimbang dan terpenuhi, maka kehidupan masyarakat akan aman sejahtera. Hak dan kewajiban di Indonesia ini tidak akan pernah seimbang. Apabila masyarakat tidak bergerak untuk merubahnya. Karena para pejabat tidak akan pernah merubahnya, walaupun rakyat banyak menderita karena hal ini. Mereka lebih memikirkan bagaimana mendapatkan materi daripada memikirkan rakyat, sampai saat ini masih banyak rakyat yang belum mendapatkan haknya. Oleh karena itu, kita sebagai warga negara yang berdemokrasi harus bangun dari mimpi kita yang buruk ini dan merubahnya untuk mendapatkan hak-hak dan tak lupa melaksanakan kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia.
Sebagaimana telah ditetapkan dalam UUD 1945 pada pasal 28, yang menetapkan bahwa hak warga negara dan penduduk untuk berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan maupun tulisan, dan sebagainya, syarat-syarat akan diatur dalam undang-undang. Pasal ini mencerminkan bahwa negara Indonesia bersifat demokrasi. Pada para pejabat dan pemerintah untuk bersiap-siap hidup setara dengan kita. Harus menjunjung bangsa Indonesia ini kepada kehidupan yang lebih baik dan maju. Yaitu dengan menjalankan hak-hak dan kewajiban dengan seimbang. Dengan memperhatikan rakyat-rakyat kecil yang selama ini kurang mendapat kepedulian dan tidak mendapatkan hak-haknya.
HAK DAN KEWAAJIBAN WARGA NEGARA :
1.  Wujud Hubungan Warga Negara dengan Negara Wujud hubungan warga negara dan negara pada umumnya berupa peranan (role).
2.  Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia Hak kewajiban warga negara Indonesia tercantum dalam pasal 27 sampai dengan pasal 34 UUD 1945.
Hak Warga Negara Indonesia :
-   Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak : “Tiap warga negara berhak atas
pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan” (pasal 27 ayat 2).
-   Hak untuk hidup dan mempertahankan kehidupan: “setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya.”(pasal 28A).
-   Hak untuk membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah (pasal 28B ayat 1).
-   Hak atas kelangsungan hidup. “Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan Berkembang”
-   Hak untuk mengembangkan diri dan melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya dan berhak mendapat pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi
meningkatkan kualitas hidupnya demi kesejahteraan hidup manusia. (pasal 28C ayat 1)
-   Hak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa, dan negaranya. (pasal 28C ayat 2).
-   Hak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta
perlakuan yang sama di depan hukum.(pasal 28D ayat 1).
-   Hak untuk mempunyai hak milik pribadi Hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, hak kemerdekaan pikiran dan hati nurani,hak beragama, hak untuk tidak diperbudak,
hak untuk diakui sebagai pribadi di hadapan hukum, dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surut adalah hak asasi manusia yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun. (pasal 28I ayat 1).
Kewajiban Warga Negara Indonesia  :
-   Wajib menaati hukum dan pemerintahan. Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 berbunyi :
segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan
dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.
-   Wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Pasal 27 ayat (3) UUD 1945
menyatakan  : setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya
pembelaan negara”.
-   Wajib menghormati hak asasi manusia orang lain. Pasal 28J ayat 1 mengatakan :
Setiap orang wajib menghormati hak asai manusia orang lain
-   Wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang. Pasal 28J ayat 2 menyatakan : “Dalam menjalankan hak dan kebebasannya,setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang dengan maksud untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis.”
-   Wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Pasal 30 ayat (1) UUD 1945. menyatakan: “tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.”
Hak dan Kewajiban telah dicantumkan dalam UUD 1945 pasal 26, 27, 28, dan 30, yaitu :
1.  Pasal 26, ayat (1), yang menjadi warga negara adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara. Dan pada ayat (2), syarat-syarat mengenai kewarganegaraan ditetapkan dengan undang-undang.
2.  Pasal 27, ayat (1), segala warga negara bersamaan dengan kedudukannya di dalam
hukum dan pemerintahannya, wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu. Pada ayat (2), taip-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.
3.  Pasal 28, kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan, dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang.
4.  Pasal 30, ayat (1), hak dan kewajiban warga negara untuk ikut serta dalam pembelaan negara. Dan ayat (2) menyatakan pengaturan lebih lanjut diatur dengan undang-undang.

Undang-undang Dasar 1945



Undang-undang Dasar 1945
Konstitusi Negara Indonesia adalah Undang-undang Dasar (UUD) 1945, yang mengatur kedudukan dan tanggung jawab penyelenggara negara; kewenangan, tugas, dan hubungan antara lembaga-lembaga negara (legislatif, eksekutif, dan yudikatif). UUD 1945 juga mengatur hak dan kewajiban warga negara.
Lembaga legislatif terdiri atas Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang merupakan lembaga tertinggi negara dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
Lembaga Eksekutif terdiri atas Presiden, yang dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh seorang wakil presiden dan kabinet. Di tingkat regional, pemerintahan provinsi dipimpin oleh seorang gubernur, sedangkan di pemerintahan kabupaten/kotamadya dipimpin oleh seorang bupati/walikota.
Lembaga Yudikatif menjalankan kekuasaan kehakiman yang dilakukan oleh Mahkamah Agung (MA) sebagai lembaga kehakiman tertinggi bersama badan-badan kehakiman lain yang berada di bawahnya. Fungsi MA adalah melakukan pengadilan, pengawasan, pengaturan, memberi nasehat, dan fungsi adminsitrasi.
Saat ini UUD 1945 dalam proses amandemen, yang telah memasuki tahap amandemen keempat. Amandemen konstitusi ini mengakibatkan perubahan mendasar terhadap tugas dan hubungan lembaga-lembaga negara.

Fungsi Undang-Undang Dasar 1945
UUD 1945 sebagai sumber pokok sistem pemerintahan RI, terdiri atas:Hukum Dasar Tertulis : UUD 1945 (Pembukaan, Batang Tubuh dan Penjelasan) Hukum Dasar Tidak Tertulis:
Undang-Undang Dasar suatu negara merupakan Hukum Dasar yang tertinggi dalam negara tersebut. Undang-Undang Dasar ini dapat tertulis maupun tidak tertulis. Undang- Undang Dasar adalah merupakan program yang sengaja dibuat yang memuat segala hal yang diaggap menjadi asas fundamental dari negara waktu itu, sehingga Undang- Undang Dasar tertulis menjamin kepastian hukum. Undang-Undang Dasar biasanya mengandung :
1.Ketentuan-ketentuan tentang Organisasi negara dan pemerintahannya
2.Batas tugas dan kekuasaan Negara dan aparatur Pemerintah
3.Hubungan antara Aparaturnya dengan warga negara dan sebaliknya
4.Kewajiban-kewajiban dan hak-hak pokok dari warga negaranya
Sebagai hukum dasar UUD 45 mengatur dan membatasi kekuasaan yang bersifat mengikat & harus menjadi acuan bagi setiap kebijakan dalam kehidupan bernegara.
Pemahaman materi UUD 45 mutlak diperlukan bagi segenap komponen bangsa baik para pejabat, pemimpin/tokoh masyarakat dan juga masyarakat umum.
Sosialisasi materi UUD 45 setelah amandemen masih relatif sangat kurang. Diharapkan dapat dirumuskan suatu metoda penyampaian dan penjelasan materi uud 45 hasil amandemen yang bekerja efektif, teratur serta dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.
Pada masa pemerintahan ORBA banyak terjadi penyimpangan baik di bidang Pol dan Ekonomi, karena tidak adanya kontrol terhadap jalannya kekuasaan, kurangnya semangat para pemimpin bangsa & adanya beberapa kelemahan dalam UUD 45 sehingga cita-cita bangsa yg terkandung dalam pembukaan UUD 45 tidak dapat diwujudkan melalui mekanisme bernegara yang terkandung didalam pasal-pasalnya.
Selama ini peranan UUD 45 sangat penting :
- Sebagai simbol kemerdekaan dan perlawanan terhadap penjajah
- Sebagai lambang kesetiaan kepada NKRI dan lambang persatuan dan kesatuan bangsa.
- Sebagai lambang perlawanan dalam menegakkan kebenaran dan keadilan.



Prinsip Dasar Pemerintahan dan Sistem Pemerintahan Republik Indonesia


Prinsip Dasar Pemerintahan dan Sistem Pemerintahan Republik Indonesia
Bagi bangsa Indonesia Pancasila sebagai landasan idiil memiliki arti sebagai pandangan hidup dan jiwa bangsa, kepribadian bangsa, tujuan dan cita-cita bangsa, cita-cita hukum bangsa dan negara, serta cita-cita moral bangsa Indonesia.
Pancasila sebagai dasar negara mempunyai kedudukan yang pasti dalam menyelenggarakan pemerintahan negara Indonesia. Ada dua hal yang mendasar yang digariskan secara sistematis, yaitu Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum, dan tata urut peraturan perundangan Republik Indonesia adalah UUD 1945, Tap MPR, UU dan Perpu, PP, Keputusan presiden (Keppres), dan peraturan pelaksanaan lainnya.
Beberapa prinsip dasar sistem pemerintahan Indonesia yang terdapat dalam UUD 1945 (setelah diamandemen) adalah : Indonesia adalah negara hukum, sistem konstitusi, kekuasaan negara yang tertinggi di tangan MPR, Presiden adalah penyelenggara pemerintahan negara yang tertinggi di bawah majelis, presiden tidak bertanggungjawab kepada DPR, menteri negara adalah pembantu presiden, menteri negara tidak bertanggungjawab kepada DPR, dan kekuasaan kepala negara tidak tak terbatas.
Sistem Pemerintahan Republik Indonesia dijelaskan Undang-Undang Dasar 1945, terdiri atas 7 kunci pokok, yaitu :
1) Indonesia adalah negara yang berdasarkan atas hukum Negara hukum Indonesia adalah negara hukum material, yaitu disamping memenuhi syarat sebagai negara hukum formal ditambah dengan pemerintah bertanggung jawan atas kesejahteraan rakyatnya. Adapun syarat negara hukum formal adalah :
a. Adanya pemisahan kekuasaan (schending van machten)
b. Pemerintah berdasarkan Undang-Undang
c. Adanya pengakuan terhadap hak-hak asasi manusia
d. Adanya peradilan tata usaha negara

Negara Indonesia tidak menganut Pemisahan Kekuasaan, melainkan menganut Pembagian Kekuasaan yang membagi kekuasan menjadi 6, yaitu :
a. Kekuasaan Konstitutif (MPR)
b. Kekuasaan Legislatif (Presiden dan DPR)
c. Kekuasaan Eksekutif (Presiden)
d. Kekuasaan Konsultatif (DPA)
e. Kekuasaan Yudikatif (MA)
f. Kekuasaan Inspektif (BPK)
Pemerintah Indonesia selalu melaksanakan tugasnya berdasarkan Undang-Undang sehingga tindakannya selalu berdasarkan hukum Sampai Era reformasi sebelum adanya amandemen
2) Sistem Konstitusional: Pemerintahan berdasarkan atas sistem konstitusional (hukum dasar), tidak bersifat absolutisme (kekusaan yang tidak terbatas). Sistem ini menegaskan bahwa cara pengendalian pemerintah dibatasi oleh ketentuan-ketentuan konstitusi.
3) Kekuasaan negara yang tertinggi ditangan MPR Menurut pasal 1 ayat (2) Undang-Undang Dasar –45 dinyatakan bahwa kedaulatan adalah ditangan rakyat dan dilakukan sepenuhnya oleh MPR. Dengan demikian MPR adalah mendatarisnya rakyat yang mempunyai kekuasaan tertinggi di Indonesia. Sesudah diadakan amandemen terhadap Undang-Undang Dasar 45 pasal 1 ayat (2) berbunyi : Kedaulatan berada ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar.
4) Presiden ialah penyelenggara pemerintah negara tertinggi di bawah MPR. Menurut penjelasan UUD-45 dinyatakan bahwa dibawah majelis permusyawaratan rakyat Presiden ialah penyelenggara pemerintah tertinggi. Hal ini wajar karena Presiden adalah mandataris MPR.
5) Presiden tidak bertanggung jawab kepada DPR Dalam penjelasan UUD-45 dinyatakan bahwa disamping Presiden ialah Dewan Perwakilan Rakyat. Presiden harus bekerja sama dengan DPR dalam membuat Undang-Undang. Kedudukan Presiden adalah sejajar dengan DPR. Sesudah diadakan amandemen terhadap UUD-45 pembuat Undang-Undang bisa saja diusulkan oleh Presiden tetapi keputusan tetap di tangan DPR.
6) Menteri negara ialah pembantu Presiden, Menteri Negara tidak bertanggung jawab kepada DPR Dalam penjelasan UUD-45 dinyatakan bahwa Presiden mengangkat dan memberhentikan Menteri Negara, sehingga kedudukan Menteri Negara tergantung kepada Presiden dan bertanggung jawab kepada Presiden.
7) Kekuasaan Kepala Negara tidak tak terbatas Penjelasan UUD-45 menyatakan bahwa meskipun Kepala Negara tidak bertanggung jawab kepada DPR ia bukan diktator artinya kekuasaannya tidak tak terbatas. Ia harus tunduk kepada Undang-Undang Dasar, tap-tap MPR dan peraturan lain, serta dibatasi juga oleh Menteri Negara Kekuasaannya. Sehingga ia bukan dictator. Sesudah diadakan amandemen terhadap UUD-45 penjelasan UUD-45 dihapuskan.

Nilai - Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Negara dan Dasar Negara


Nilai - Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Negara dan Dasar Negara

1. Nilai-nilai Pancasila sebagai Ideologi

Nilai-nilai Pancasila yang terkandung di dalamnya merupakan nilai-nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan keadilan. Ini merupakan nilai dasar bagi kehidupan kenegaraan, kebangsaan dan kemasyarakatan. Nilai-nilai Pancasila tergolong nilai kerohanian yang di dalamnya terkandung nilai-nilai lainnya secara lengkap dan harmonis, baik nilai material, vital, kebenaran (kenyataan), estetis, estis maupun religius.
Nilai-nilai Pancasila bersifat objektif dan subjektif, artinya hakikat nilai-nilai Pancasila bersifat universal (berlaku di manapun), sehingga dapat diterapkan di negara lain.

Nilai-nilai Pancasila bersifat objektif, maksudnya:

1) Rumusan dari Pancasila itu sendiri memiliki makna yang terdalam, menunjukan adanya sifat umum Universal dan abstrak.
2) Inti dari nilai Pancasila akan tetap ada sepanjang masa dalam kehidupan bangsa Indonesia
3) Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan sumber dari segala sumber hukum di Indonesia.

Sedangkan nilai-nilai Pancasila bersifat subjektif, bahwa keberadaan nilai-nilai Pancasila itu terlekat pada bangsa Indonesia sendiri, karena:

1) Nilai-nilai Pancasila timbul dari bangsa Indonesia
2) Niali-nilai Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia
3) Nilai-nilai Pancasila terkandung nilai kerohanian yang sesuai dengan hati nurani bangsa Indonesia

Nilai-nilai Pancasila sebagai sumber nilai bagi bangsa Indonesia dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara, maksudnya sumber acuan dalam bertingkah laku dan bertindak dalam menentukan dan menyusun tata aturan hidup berbangsa dan bernegara.
Nilai-nilai Pancasila merupakan nilai-nilai yang digali, tumbuh dan berkembang dari budaya bangsa Indonesia, sehingga menjadi ideologi yang tidak diciptakan oleh bangsa lain.
Menjadikan Pancasila sebagai ideology juga merupakan sumber nilai, sehingga Pancasila merupakan asas kerohanian bagi tertib hokum Indonesia, dan meliputi suasana kebatinan (Geistlichenhintergrund) dari UUD 1945 serta mewujudkan cita-cita hukum bagi hukum dasar negara.
Pancasila mengharuskan UUD mengandung isi yanag mewajibkan pemerintah untuk memelihara serta menjaga budi pekerti kemanusiaan dan cita-cita moral rakyat yang luhur.

2. Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Negara
Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara menjadikan setiap tingkah laku para penyelenggara negara dan pelaksana pemerintahan harus selalu berpedoman pada Pancasila. Pancasila sebagai sumber nilai menunjukkan identitas bangsa Indonesia yang memiliki nilai-nilai kemanusiaan yang luhur, hal ini menandakan bahwa dengan Pancasila menolak segala penindasan dan penjajahan.
Pancasila juga sebagai paradigm bangunan, artinya sebagai kerangka pikir, sumber nilai, orientasi dasar, sumber asas serta arah dan tujuan dari suatu perkembangan perubahan serta proses dalam suatu bidang tertentu.
Pancasila mengarahkan pembangunan agar selalu dilaksanakan demi kesejahteraan umat manusia dengan rasa nasionalisme, kebesaran bangsa dan keluhuran bangsa. Pembangunan di segala bidang selalu mendasar pada nilai-nilai Pancasila.
Di bidang politik misalnya, Pancasila menjadi landasan bagi pembangunan politik, dan dalam prakteknya menghindarkan sikap tak bermoral dan tak bermartabat.
Di bidang Hukum demikian halnya. Pancasila sebagai paradigm pembangunan hukum ditunjukkan dalam setiap perumusan peraturan perundang-undangan nasional yang harus selalu memperhatikan dan menampung aspirasi rakyat. Nilai-nilai Pancasila menjadi landasan dalam pembentukan hukum yang aspiratif. Dalam pembaharuan hukum, Pancasila sebagai cita-cita hukum yang berkedudukan sebagai peraturan yang paling mendasar (staatsfundamentalnorm) di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila sebagai acuan dalam etika penegakan hukum yang berkeadilan yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran bahwa tertib sosial, ketenangan dan keteraturan hidup bersama hanya dapat diwujudkan dengan ketaatan terhadap hukum dan seluruh peraturan yang berpihak kepada keadilan.
Di bidang Sosial Budaya, Pancasila merupakan sumber normative dalam pengembangan aspek sosial budaya yang mendasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan, ketuhanan, dan keberadaban.

Kamis, 29 November 2012


Sistem Informasi Manajemen dalam Sumber Daya Informasi

Pengantar sistem informasi berbasis komputer
Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer. Informasi juga bisa dikelola seperti sumber daya lain.
Perhatian sistem informasi bersumber dari dua pengaruh :
1. Bisnis semakin rumit
2. Kemampuan computer semakin membaik.
Aplikasi yang membentuk system informasi berbasis computer adalah :
-          Pengolahan Data Akuntansi.
-          Sistem Informasi Manajemen.
-          Sistem Pendukung Keputusan.
-          Sistem Berbasis Pengetahuan.
Beberapa tahun terakhir, para pemakai telah melakukan sebagian besar pekerjaan para spesialis suatu fenomena yang disebut End user Computing.
Jenis-jenis sumber daya utama manajer, mengelola lima jenis sumber daya utama :
-          Manusia
-          Material
-          Mesin
-          Uang















Sistem informasi manajemen menyajikan informasi untuk mendukung operasional dan fungsi pengambilan keputusan manajemen dengan mempertimbangkan informasi apa, untuk siapa dan kapan harus disajikan.
Sistem informasi menajemen terdiri dari beberapa subsistem yaitu :
- Sistem Informasi Akuntansi
- Sistem Informasi Personalia
- Sistem Informasi Pemasaran
- Sistem Informasi Pembelian
- Sistem Informasi Persediaan
- Sistem Informasi Distribusi
Daur Hidup Sistem
Siklus hidup system merupakan proses evolusioner yang diikuti untuk menerapkan sistem atau subsistem informasi berbasis komputer. SLC sering disebut dengan pendekatan air terjun (waterfall approach) bagi pengembangan dan penggunaan sistem.Dilakukan dengan strategi Top-Down Design.
Tahapan dari siklus hidup sistem yaitu :
1. Tahap Perencanaan
2. Tahap Analisis
3. Tahap Rancangan
4. Tahap Penerapan
5. Tahap Penggunaan
Penjelasan terhadap komponen-komponen yang masuk pada ruang lingkup CBIS, diantaranya:
Manajemen Sumber Infromasi
Bagaimana perusahan melakukan kegiatan manajemen, membangun, mengolah serta memlihara sistem. Hal pertama yang dilakukan adalah penerapan pada sumber dari sistem infromasi itu sendiri / yang dikenal dengan IRM (Information Resource Manajemen) manajemen terhadap sumber informasi, orang-orang pada bagian ini merupakan akar dari data-dta sumber yang diolah menjadi informasi yang lebih bernilai
Komputer Sebagai Alat Pemecahan Masalah
Perhatian terhadap Manajemen lnformasi.
Alasan mengapa terdapat perhatian yang besar terhadap manajemen informasi, pertama yaitu meningkatnya kompleksitas kegiatan organisasi tata kelola pemerintahan dan meningkatnya kemampuan computer, dengan tersedianya informasi yang berkualitas, tentu mendorong manajer untuk meningkatkan kemampuan organisasi yang dikelolanya. Pada masa komputer generasi pertama, komputer hanya digunakan oleh para spesialis di bidang komputer, sedangkan pengguna lainnya tidak pernah kontak langsung dengan komputer. Sekarang, hampir setiap kantor mempunyai personal computer –PC. Pemakai sistem informasi manajemen pun tahu bagaimana menggunakan komputer dan memandang komputer bukan sebagai sesuatu yang spesial lagi, tetapi sudah menjadi suatu kebutuhan seperti telepon.
Pengantar SIM
Sistem adalah suatu kerangka yang terstruktur dan sistematis yang terdiri dari sub-sub sistem yang saling terintegrasi bekerja sama untuk mencapai tujuan.
Sistem Informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan sebuah organisasi.
Sistem Informasi Manajemen adalah bagian dari system informasi, dimana secara khusus ditujukan pada kebutuhan manajemen terhadap informasi keuangan, SDM, pelanggan , pemasok dan informasi-informasi lain yang terkait dengan kegiatan bisnis untuk pengambilan keputusan bisnis perusahaan. Kualitas pengambilan keputusan Manajemen sangat dipengaruhi oleh kualitas pasokan informasi.
Pengenalan Database
Data dapat diterjemahkan kedalam aplikasi program. Kontrol akses luas dan manipulasi pada data dapat dilakukan oleh sebuah aplikasi program. Hasilnya berupa DBMS (database management system).
• Koleksi data dapat diakses secara logika yang dirancang khusus untuk informasi yang dibutuhkan sebuah perusahaan.
• Pemetaan data disediakan bebas untuk di olah satu sama lain dalam sebuah database.
• Secara logika data merupakan kesatuan, yang memiliki atribut lengkap dan saling berhubungan dari suatu organisasi perusahaan.










Sumber:

http://sagimansumarta.files.wordpress.com/2010/01/apsi.pdf
http://www.google.co.id/

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/12/manajemen-sistem-informasi-information-resource-management-dalam-organisasi-berbasis-komputer-cbis/

http://yusufsofyan.blogspot.com/2008/12/pengantar
http://lael.student.fkip.uns.ac.id/2012/06/05/sistem-informasi-manajemen/

Rabu, 07 November 2012

TUGAS SOFTSKIL SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 1

PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk.

Bisnis TPS Food melaju kencang. Sukses menjadi raja mi kering, mereka  lalu masuk ke bisnis kelapa sawit, pembangkit listrik, dan makanan olahan. Mengapa mereka harus merombak infrastruktur sistem TI-nya?

Mekar sampai tiga generasi. Itulah potret bisnis PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk. (TPS Food). Di saat banyak perusahaan kelabakan menghadapi persaingan, produsen bihun dan mi kering yang berdiri sejak 1959 ini justru kian melenggang. Mereka tidak hanya terbukti mampu bertahan hingga generasi ketiga, tetapi juga sukses merajai pasar. Mempekerjakan hampir 3.000 karyawan, TPS Food menguasai 34% pasar bihun dan mi kering nasional. Selain dua produk itu, mereka juga menyasar pasar mi instan, biskuit, dan permen. Meski nama TPS Food jarang terdengar, produk-produknya cukup dikenal. Sebut saja mi kering cap Ayam 2 Telor, Superior, Mie Kremezz, dan permen Gulas.

Kisah raja bihun dan mi kering asal Sragen, Jawa Tengah, ini adalah satu dari segelintir perusahaan keluarga yang sukses menjadi perusahaan modern. Mereka terapkan konsep manajemen modern, proses bisnis mutakhir, dan kontrol kualitas. Kini, TPS Food tengah menggelar berbagai aksi korporasi demi memantapkan masa depannya. Pada akhir tahun lalu, perseroan mengumumkan rencana mengakuisisi tiga perusahaan dalam bisnis perkebunan sawit, pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), dan pabrik pengolahan makanan. Ekspansi yang dibesut pada kuartal I-2008 ini menelan biaya Rp500 miliar, lebih besar ketimbang total nilai asetnya. 

Beberapa waktu lalu, di Solo, Jawa Tengah,  Stefanus Joko Mokoginta, dirut TPS Food, menjelaskan akuisisi ini bertujuan menciptakan sinergi usaha. Pembelian tiga perusahaan itu kelak mendongkrak kinerja perseroan. Sampai kuartal III-2007,  perseroan membukukan penjualan Rp 347 miliar dan laba bersih Rp 12,4 miliar. “Sampai akhir tahun, penjualan akan mencapai Rp 500 miliar dan laba bersih lebih dari Rp 15 miliar,” kata Joko.

TPS Food akan mengakuisisi perusahaan sawit dengan luas lahan 12.000 hektar di Kalimantan Selatan, yang memproduksi 60.000 ton CPO―sebagian akan dipakai sendiri. Adapun akuisisi pembangkit listrik bertujuan menciptakan efisiensi biaya energi dan memberikan jaminan pasokan energi. Pendanaannya diperoleh melalui penerbitan saham baru atau rights issue, ungkap Joko.

Jalan Tanpa Akhir

Manajemen perseroan mengungkapkan keberhasilan TPS Food ditopang sejumlah faktor. Selain memperbaiki kualitas produk, peningkatan kapasitas, agresivitas pemasaran, dan manajemen yang prudent, kunci sukses lainnya adalah dukungan manajemen informasi. Penerapan sistem teknologi informasi (TI) membantu mereka membaca tren pasar, membuat rencana produksi, dan efisiensi biaya. Selain itu, aplikasi TI mempermudah dalam melakukan analisis dan mengontrol kinerja produksi di semua pabriknya.

Saat ini perseroan mengoperasikan tiga pabrik yang lokasinya terpisah-pisah di Sragen. Sementara itu, kantor pusatnya di Jakarta, sekitar 650 kilometer dari lokasi pabriknya. Mereka membutuhkan sinergi informasi untuk mengoordinasi seluruh aktivitas usahanya, mulai dari pengadaan, produksi, inventori, pemasaran, sampai distribusi. Aktivitas ini sangat kompleks mengingat produk, bahan baku, dan segmen pasarnya beragam.

Para eksekutif TPS Food sadar daya saing usaha sangat ditentukan oleh kualitas produk dan proses bisnisnya. Nah, menciptakan proses bisnis yang efisien, fleksibel, dan cepat menyesuaikan diri dengan perubahan pasar menjadi hal yang penting. Agar proses ini berjalan mulus, mereka tak mau setengah hati dalam berinvestasi TI. Mereka paham bahwa di era sekarang, selain modal, mesin, dan manusia, penguasaan informasi menjadi penentu daya saing. Ini diakui Budhi Istanto, wakil dirut TPS Food. Menurut dia, makin kompleks dan rumit sebuah bisnis, maka sistem manajemen informasi yang bermutu menjadi tuntutan. “Jika bisnis makin kompleks, muncul keharusan untuk memiliki infrastruktur sistem TI,” kata Budhi, optimistis.

Budhi mengungkapkan dari tahun ke tahun penjualan perusahaan kian membaik. Namun, ia belum bisa memastikan apakah itu dampak dari investasi sistem TI. Hanya, ia mengakui, dari sisi efisiensi, pengaruhnya sangat signifikan. “Keuntungan terbesar adalah stok produk di gudang tak pernah berlebihan atau kekurangan,” ujarnya.

Direktur Keuangan TPS Food, Yulianni Liyuwardi, memaparkan saat ini mereka memiliki jaringan yang online dan real-time antara pabrik dan kantor pusat. Infrastruktur komunikasi ini memudahkan manajemen puncak memantau dan mengontrol kinerja pabrik-pabriknya. “Keuntungan terbesar adalah meningkatkan kontrol bisnis. Dengan lingkup usaha sebesar ini, peran TI dalam pengolahan database sangat penting,” ujarnya.

Selain itu, TPS Food menerapkan sistem Enterprise Resources Planning (ERP) dengan sejumlah modul penting yang menjangkau nyaris semua aktivitas usaha. Semua aktivitas transaksi mulai dari proses pengadaan, produksi, keuangan, inventori, hingga distribusi diolah dan direncanakan melalui perangkat lunak ini.

Seperti perusahaan pengolahan makanan lainnya, salah satu tantangan dalam proses produksi adalah keterbatasan umur bahan baku dan produk jadi. Produk makanan, seperti mi, memiliki umur yang relatif pendek. Mereka harus secara teliti memperhatikan hal ini mengingat  sedikit saja kesalahan akan berdampak serius bagi pelanggan maupun perusahaan. Proses kontrol kualitasnya benar-benar harus terjaga, mulai dari proses pengadaan, penyimpanan, produksi, hingga pemasarannya.

Sistem integrasi bermanfaat agar perusahaan terhindar dari risiko-risiko kerusakan yang bisa menimbulkan kerugian. Peranti ini mempermudah proses perencanaan dan produksi. Sebagai contoh, begitu mendapat order, mereka bisa memasukkannya ke dalam sistem. Selanjutnya, sistem ini akan menghitung dan membuat perencanaan secara otomatis berdasarkan jumlah bahan baku, ketersediaan barang, status pemesanan, dan kapasitas produksi yang tersisa. Sistem secara otomatis akan memerintahkan untuk melakukan pengiriman order apabila stok produk sudah tersedia.

Pihak TPS Food berhasil membuktikan bahwa penggunaan sistem terintegrasi membantu mereka mengelola semua aktivitas usaha. Salah satu yang terpenting, yakni menjaga tingkat stok. Melalui perencanaan yang baik, mereka mampu menghindari risiko over atau under stok, baik bahan baku maupun produk jadi. Ini tentu sangat membantu pengelolaan arus kas dan menghindari risiko uang mati di inventori.

Iwan Budiarto, konsultan senior ERP logistik PT SCS Agit, perusahaan implementor sistem TI, menilai pengelolaan inventori di industri makanan sangat kritikal. Pasalnya, baik bahan baku maupun produk jadi memiliki umur yang terbatas. Ini menuntut perusahaan menerapkan prinsip First In First Out (FIFO) untuk menghindari risiko kedaluwarsa. Nah, di ERP ada modul forecasting dan material requirement planning (MRP). “Modul ini berguna untuk mengontrol tingkat inventori yang diinginkan,” ujarnya.

Iwan mengakui, dalam bisnis manufaktur, aktivitas perencanaan produksi menjadi sangat penting. Penggunaan ERP, lanjut dia, akan mempercepat manajemen TPS Food membuat perencanaan, atau melakukan penyesuaian rencana produksi apabila terjadi perubahan tingkat order. Hal ini dimungkinkan lantaran ERP mampu melakukan penghitungan secara otomatis berdasarkan formula yang didesain dengan mempertimbangkan seluruh aspek produksi.

Menurut Iwan, perusahaan makanan sebaiknya punya prioritas untuk menerapkan sistem traceability. Peranti ini berguna untuk melacak produk, terutama terkait keamanan makanan dan manajemen mutu. Jadi, ketika ada produk yang kedaluwarsa, rusak, atau menimbulkan keracunan, perseroan bisa dengan cepat melacak asal usul produk, tanggal pembuatan, hingga pemasok bahan bakunya.

Ganti Sistem

 Seiring rencana untuk melakukan ekspansi, manajemen sadar peranti mereka saat ini kurang memadai. Maka, awal 2008 mereka berencana mengganti sistem ERP-nya dengan yang lebih canggih dari salah satu pemasok perangkat lunak korporat terbesar di dunia. Alasannya ada beberapa. Pertama, seiring rencana ekspansi, mereka membutuhkan solusi ERP yang lebih kompleks guna mengintegrasikan seluruh lini usaha perseroan dengan pengelolaan database yang jauh lebih besar. Kedua, TPS Food bermaksud menyeragamkan sistem aplikasi pelaporan yang melibatkan 60 distributor utama mereka. Mulai dibesut paro 2007, saat ini mereka baru berhasil menerapkannya di sembilan distributor. Nah, mengingat jumlah distributor begitu banyak, mereka membutuhkan sistem ERP yang lebih canggih untuk mengolah seluruh informasi dan laporan.

Langkah penyeragaman ini, tutur Yulianni, akan memudahkan perseroan mengelola lalu lintas data dengan distributor. Kesamaan sistem memungkinkan kedua belah pihak mengetahui dan memantau kinerja operasional masing-masing. TPS Food bisa tahu lebih cepat status penjualan produknya di distributor. Di lain pihak, distributor dapat dengan cepat mengetahui status order dan produksi di TPS Food. Lewat cara ini, keduanya dapat menyelaraskan bisnisnya dan membuat perencanaan lebih baik. “Keuntungannya, kami bisa update kinerja mereka, baik dari sisi inventori maupun profitabilitas, termasuk data pemasaran,” kata Yulianni. Begitulah kuda-kuda raja bihun dan mi kering ini dalam menjaga dominasinya di Indonesia.

KESIMPULAN
Manajemen perseroan mengungkapkan keberhasilan TPS Food ditopang sejumlah faktor. Selain memperbaiki kualitas produk, peningkatan kapasitas, agresivitas pemasaran, dan manajemen yang prudent, kunci sukses lainnya adalah dukungan manajemen informasi. “Keuntungan terbesar adalah meningkatkan kontrol bisnis. Dengan lingkup usaha sebesar ini, peran TI dalam pengolahan database sangat penting,”.

http://www.wartaekonomi.com/detail.asp?aid=10120&cid=24
http://www.tigapilar.com/news/view/108/3